Good Jobs today

GOOD JOBs

Cara Cepat Hamil

Senin, 03 Juni 2013

Kemuning atasi rematik, kolesterol, dll

Kemuning biasa tumbuh liar di semak belukar. Karena berkhasiat obat, tanaman itu kini banyak dipelihara di dalam pot. Energi dari tanaman itu diyakini juga sanggup menenangkan hati yang sedang gundah.

Tanaman yang biasa tumbuh liar ini ternyata bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Meski acap dipandang sebelah mata, tanaman ini ternyata sangat berguna. Daun, ranting, akar juga kulit batang tanaman yang biasa tumbuh di semak belukar dan di tepi hutan, atau di halaman sebagai hiasan ini, dapat mengobati berbagai penyakit termasuk diantaranya radang sendi dan buah zakar.

Berikut ini beberapa contoh ramuan kemuning yang diperoleh dari berbagai sumber. Ramuan kemuning untuk mengobati:

Bisul
Ramuan : Ambil akar kemuning kering sebanyak 30 gram, cuci dan potong-potong seperlunya. Rebus dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa sepertiganya. Setelah dingin, saring lalu minum dua kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

Rematik, keseleo dan memar
Ramuan : Akar kemuning kering sebanyak 15-30 gram dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Tambahkan arak dan air masing-masing satu gelas. Rebus sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring lalu diminum dua kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Rematik sendi
Ramuan : Ambil akar kemuning, akar tembelekan (Lantana camara), dan tiga pasang kaki ayam yang sudah dicuci. Semua bahan dipotong-potong seperlunya. Tambahkan air sampai semua bahan terendam, lalu ditim. Saat masih hangat airnya diminum sekaligus.

Sakit gigi
Ramuan : Minyak darikulit batang kemuning yang sudah dibakar teteskan di sepotong kapas. Masukkan ke gigi yang berlubang. Setelah itu, segera ke dokter gigi untuk penanganan berikutnya.

Radang buah zakar
Ramuan : Ambil daun kemuning segar 60 gram dan herba sambiloto 35 gram. Cuci lalu rebus dengan air bersih dua gelas sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin disaring, lalu diminum dua kali sehari, masing-masing 1/2 gelas. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Infeksi saluran kencing
Daun kemuning segar sebanyak 35 gram dicuci lalu tambahkan tiga gelas air bersih. Rebus sampai air tersisa setengahnya. Setelah dingin disaring, diminum tiga kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Haid tidak teratur
Ramuan : Daun kemuning dan daun pacar kuku (Lawsonia inermis) segar masing-masing 1/2 genggam, rimpang temulawak satu jari. Cuci dan potong-potong seperlunya. Setelah itu, rebus dengan tiga gelas air bersih. Tunggu sampai airnya tersisa satu gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum dua kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Masih ada manfaat lain dari kemuning, yaitu untuk:

Mencegah kolesterol tinggi
Ramuan : Daun kemuning 20 gram direbus dengan tiga gelas air. Tunggu hingga air tersisa satu gelas. Minum sehari tiga kali sebanyak satu gelas, sebelumnya beri madu satu sendok makan.

Melangsingkan badan
Ramuan : Segenggam daun kemuning ditambah tiga lembar daun mengkudu ( Morindo citrifolio) dan sejari rimpang temugiring yang dipotong-potong dimasak dengan tiga gelas air. Rebus hingga menjadi dua gelas, saring, dibagi tiga, diminum pagi, siang dan malam hari.
Sumber: Senior

Tidak ada komentar:

Posting Komentar